Belajar dari Manajer Satu Menit Baru
Judul Buku : The New One Minute Manager (terjemahan)
Pengarang : Ken Blanchard, Spencer Johnson, M.D
Alih bahasa : Ruth M Panggabean
Penerbit : MIC Publishing
Kategori : Pengembangan Diri
ISBN :
978-602-0956-52-7
Ukuran : 15 x 23 cm
Tebal : 94 halaman
Harga : Rp. 70.000
Isi buku :
Buku ini termasuk jenis buku nonfiksi, tetapi dikemas dalam bentuk
fiksi ataupun cerita yang dipenuhi dialog dari beberapa tokoh penting yang
berperan di dalamnya. Inilah yang menyebabkan buku ini sangat nyaman untuk
dibaca bahkan dalam sekali duduk.
Bukunya berisi tentang perjalanan seorang pemuda yang mencari contoh
manajer (pemimpin) yang sukses dan mempelajari caranya memimpin agar kelak ia
juga bisa melakukan hal yang sama. Ia menemukan dua golongan pemimpin, yang pertama,
pemimpin yang berhasil membawa perusahaannya mendapat hasil yang optimal, tetapi
di lain pihak, ia dianggap ‘kejam’ terhadap karyawannya. Golongan kedua, adalah
pemimpin yang lebih humanis dan disukai karyawannya, hanya saja ia belum
berhasil membawa perusahaannya membawa hasil yang optimal. Pemuda ini sempat
berpikir bahwa yang ia cari adalah satu hal yang mustahil, sampai akhirnya ia
bertemu dengan manajer satu menit.
Manajer satu menit adalah orang yang sangat ramah dan mudah
membagikan ilmunya kepada siapa pun yang bertanya. Namun, alih-alih menjelaskan,
ia meminta pemuda itu menemui tiga bawahannya. Dari ketiga bawahannya itulah,
ia bisa mendapatkan tiga rahasia bagaimana bisa memenangkan hati manusia
sekaligus mengeluarkan kemampuan terbaiknya, demi kepentingan perusahaan maupun
keuntungan personal bagi karyawan yang bersangkutan.
Tiga rahasia itu adalah : tujuan satu menit, pujian satu menit, dan
pengarahan satu menit.
Tujuan satu menit adalah menentukan keadaan yang ingin dicapai dari
masalah yang sedang dihadapi. Dalam sebuah organisasi, tujuan sudah jelas adanya,
tetapi bagaimana kondisi organisasi/perusahaan sekarang dan langkah-langkah
yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan besar hanya diketahui oleh
orang-orang yang berada di lapangan. Sebagai manajer tugasnya adalah memastikan
bahwa bawahannya bisa mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi dan mampu
mencari alternatif solusi untuk menyelesaikan masalahnya bahkan tanpa melulu
harus meminta persetujuan manajernya.
Pujian satu menit adalah bagaimana caranya seorang manajer
menemukan sesuatu yang benar yang dilakukan oleh bawahannya, lalu memujinya
dengan spesifik dan memberitahukan betapa bahagianya kita sebagai pemimpin
melihat kinerjanya. Sebab pujian membangun kepercayaan diri seseorang atas apa yang
sudah diusahakannya, dan itu membuat seseorang berani untuk berinovasi lagi di
masa depan.
Pengarahan satu menit adalah bagaimana caranya seorang pemimpin
merespon kesalahan yang dilakukan oleh karyawannya sesegera mungkin setelah
melihat kesalahan, me-review ulang tujuan organisasinya agar yang bersangkutan
sadar bahwa ada yang salah dengan apa yang dia lakukan, lalu meyakinkan bahwa
sebenarnya karyawannya itu jauh lebih baik dari kesalahannya. Dengan pengarahan
ini, karyawan tidak merasa sedang dipermalukan, cepat menyadari kesalahannya
dan merasa tetap dipercaya untuk menyelesaikan masalah yang ada bahkan setelah
melakukan satu kesalahan.
Buku ini sangat menarik untuk dibaca berulang kali bagi seorang
pemimpin yang sedang membangun timnya, bahkan di skala terkecil sebagai
pemimpin keluarga maupun di skala yang besar seperti pemimpin perusahaan.
Seringkali kita merasa bahwa ketegasan akan menghasilkan hasil yang
sempurna, tetapi ternyata pendekatan yang berbeda, akan membuat semua orang
merasa bertanggung jawab di setiap peran/posisi yang mereka ambil, merasa
diapresiasi ketika mengusahakan suatu hal yang benar dan merasa diperhatikan
ketika melakukan kesalahan karena akan diingatkan dengan cara yang membuat
mereka menyadari kesalahannya dan yakin untuk memperbaikinya lagi.
Komentar
Posting Komentar